Assalamualaikum..
yosh, langsung aja Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi ilmu tentang membuat game sederhana dengan menggunakan GreenFoot. Tapi sebelum buat game nih kita kenalan dulu yuk sebenernya apasih GreenFoot itu ?.
yosh, langsung aja Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi ilmu tentang membuat game sederhana dengan menggunakan GreenFoot. Tapi sebelum buat game nih kita kenalan dulu yuk sebenernya apasih GreenFoot itu ?.
GreenFoot atau kaki hijau dalam bahasa Indonesia adalah adalah perangkat lunak
yang didesain untuk pemula agar dapat terbiasa dengan Pemrograman Berorientasi
Objek (Object-Oriented Programming), yang mendukung pengembangan aplikasi
bergambar dengan memakai bahasa pemrograman Java.
Greenfoot
didesain dan telah diimplentasikan di Universitas Kent, Inggris dan Universitas
Deakin, Melbourne – Australia.
Terdapat 3 versi yang tersedia:
untuk Windows, untuk MacOS X, dan untuk sistem operasi yang lain.
Prasyarat :
Diperlukan Java 5(JDK) versi 1.5
atau yang terbaru untuk menjalankan Greenfoot. Kami merekomendasikan untuk
membaharui Java ke versi stabil (non-beta) terbaru. JDK bisa diunduh di laman
web Sun http://java.sun.com/j2se/.
Untuk diperhatikan, jangan mengunduh Java versi “JRE” (Java Runtime
Environment) karena JRE sendiri tidaklah cukup, Anda membutuhkan Java versi
“JDK” (Java Development Kit).
Pada MacOS X J2SE versi terbaru
telah tersedia sewaktu menginstal sistem operasi, sehingga tidak perlu untuk
menginstalnya lagi.
2. Buatlah sebuah scenario baru. Caranya; Scenario => New => Nama Objek
Kemudian akan muncul kotak dialog, dimana teman-teman akan menyimpan diamana hasil kerja teman-teman.
3. Buatlah sebuah sub class di class word dengan cara klik kanan lalu pilih new subclass. lalu akan muncul jendela baru untuk memasukkan nama kelas. saya memberikan nama latar (perhatikan huruf besar dan kecilnya, karena pada pemrograman java bersifat case sensitive artinya huruf besar dan kecil sangat berpengaruh).
Disini untuk memasukkan gambar diatas, pilih import from file kemudian pilih gambar sesuai tema. setelah itu, klik gambar tersebut kemudian jangan lupa untuk mengisikan nama class. berikut tampilan depan
7. Mengatur gerak aktor dengan Mouse
Nama : Erwan Wijaya Nugraha
Okeh
yang diatas sekedar perkenalan dengan GreenFoot. Nah, teman-teman sekarang kita masuk untuk
membuat sebuah pemrograman dasar game menggunakan Greenfoot. Ini merupakan
salah satu karya saya dengan scenario atau jalan ceritanya yaitu “ ada seekor
kepik yang sedang hinggap di dahan pohon tiba-tiba dari langit turun banyak
sekali kue pie. Karena lapar kepik memakan kue pie itu. Setiap kali makan satu
pie itu kepik akan mendapatkan 1 poin. Tapi disatu sisi ada spider/ laba-laba
yang turun juga yang ternyata laba-laba tersebut beracun. Jika tersentuh
laba-laba tersebut maka kepik akan mati atau game over. Selain itu jika pie itu
tidak berhasil dimakan oleh kepik lalu jatuh ke tanah maka akan game over “.
Itulah sedikit penjelasan tentang game yang akan kita buat. Sangat sederhana tapi
semoga bermanfaat.. :D
1. Bukalah aplikasi Greenfoot
2. Buatlah sebuah scenario baru. Caranya; Scenario => New => Nama Objek
Kemudian akan muncul kotak dialog, dimana teman-teman akan menyimpan diamana hasil kerja teman-teman.
3. Buatlah sebuah sub class di class word dengan cara klik kanan lalu pilih new subclass. lalu akan muncul jendela baru untuk memasukkan nama kelas. saya memberikan nama latar (perhatikan huruf besar dan kecilnya, karena pada pemrograman java bersifat case sensitive artinya huruf besar dan kecil sangat berpengaruh).
Akan muncul kotak dialog;
Pilih background yang teman-teman sukai, kalau saya sendiri
ngambil dari google yang ada gambar pohonnya kemudian jangan lupa untuk
memberikan nama class. Kemudian pilih OK. Untuk melihat hasilnya, klik compile
maka akan tampil background yang dipilih tadi.
Klik kanan pada latar
kemudian pilih open editor, maka akan tampil kode program class word dalam hal
ini latar.
Ketikkan syntaks berikut :
public
latar()
{
super(900, 500, 1);
}
perintah
super(900,500,1). Perintah ini digunakan untuk membuat ukuran layar
dengan panjang 900 x tinggi 500 dengan ukuran cell 1 x 1.
4. Sekarang
kita akan membuat Subclass Actor.
Disini untuk memasukkan gambar diatas, pilih import from file kemudian pilih gambar sesuai tema. setelah itu, klik gambar tersebut kemudian jangan lupa untuk mengisikan nama class. berikut tampilan depan
5. Menempatkan
objek dalam subclaass latar. Klik kanan pada latar kemudian
pilih open editor.
Masukkan syntax
dibawah sytaks membuat background/latar;
setPaintOrder(counter.class, kepik.class, pie.class);
addObject(new
kepik(), 200,250);
addObject(new
pie(),700,30);
addObject(new spider(),500,30);
addObject(skor,80,400);
6.
Compile dan jika tidak ada kesalahan
syntax lihat apa yang terjadi pada subclass latar.
7. Mengatur gerak aktor dengan Mouse
Masukkan syntaks berikut ke dalam
actor kepik ;
if(Greenfoot.mouseMoved(null)) {
MouseInfo
mouse = Greenfoot.getMouseInfo();
setLocation(mouse.getX(), mouse.getY());
}
Tekan compile dan
pastikan syntax yang teman buat sudah sesuai, jika tidak terjadi kesalahan maka
akan muncul tulisan Class compiled-no
syntax error.
8. Setelah itu mengatur gerak kue pie /
hujan pie secara random
Masukkan syntax berikut ke dalam actor pie ;
public void act()
{
int x =
getX();
int y =
getY();
setLocation(x,
y + 1);
if (getY()
==499) //untuk pie
dapat turun ke bawah
{
setLocation(getX(),0);
}
}
Masukkan syntax berikut pada latar pada public void act;
if(Greenfoot.getRandomNumber(100) < 2) { //untuk pie dapat
random/ acak
addObject(new pie(), Greenfoot.getRandomNumber(700), 10);
}
9.
Mengatur gerak spider atau musuh
kepik
Masukkan syntax berikut ke dalam actor spider ;
public void act()
{
int x =
getX();
int y =
getY();
setLocation
(x, y + 1);
if (getY()
==499) //untuk
spider dapat turun kebawah
{
setLocation(getX(),0);
}
}
Masukkan syntax berikut pada latar pada public void act;
if(Greenfoot.getRandomNumber(700) < 1) { //untuk spider dapat
random/acak
addObject(new spider(), Greenfoot.getRandomNumber(500), 10);
}
10. Sekarang kita bikin point. Yaitu apabila kepik makan kue pie
maka akan medapat poin satu.
Masukkan syntax berikut kedalam actor kepik di dalam void
act ;
pie a= (pie)getOneIntersectingObject(pie.class); //untuk pie dapat hilang ketika dimakan
if (a!=null)
{
((latar)
getWorld()).tambahNilai();
Greenfoot.playSound("pop.wav"); //untuk menambahkan suara
getWorld().removeObject(a);
return;
}
//untuk sound bisa diambil dari folder greenfoot yang berada
di direktori C:\
Kemudian
masukkan syntax berikut pada latar dipaling atas setelah komentar:
counter skor = new counter ("Skor : ");
public void
tambahNilai()
{
skor.tambah(1);
}
Masukkan
syntax dibawah ini di actor counter :
import
greenfoot.*; //letakkan dipaling atas sebelum komentar
import
java.awt.Font;
import
java.awt.Color;
private int angka = 0;
private int target = 0;
private String huruf;
private int panjangHuruf;
public counter( String depan )
{
huruf = depan;
panjangHuruf = (huruf.length() +2) *16;
setImage (new
GreenfootImage(panjangHuruf,24));
GreenfootImage gambar = getImage();
Font jenisHuruf = gambar.getFont();
gambar.setFont(jenisHuruf.deriveFont(24.0F));
gantiGambar();
}
private void gantiGambar()
{
GreenfootImage gambar = getImage();
gambar.clear();
gambar.setColor(Color.RED);
gambar.drawString(huruf + angka, 1,
18);
}
public void tambah (int skor)
{
target += skor;
}
public int nilaiAkhir()
{
return angka;
}
public void act()
{
if (angka < target)
{
angka++;
gantiGambar();
}
}Okeh sekarang kita buat untuk mencetak
skor pada papanskor.
Masukkan
syntax berikut pada actor papanskor:
import
greenfoot.*;
import
java.awt.Color;
import
java.awt.Font;
import
java.util.Calendar;
public
class papanskor extends Actor
{
public static final float besarhuruf =
48.0f;
public static final int lebar = 500;
public static int tinggi = 300;
public papanskor(int skor)
{
bikinGambar("Game
Over","Skor Akhir : ", skor);
}
private void bikinGambar(String judul,
String depan, int skor)
{
GreenfootImage gambar = new
GreenfootImage(lebar,tinggi);
gambar.setColor (new Color (25, 5, 74,
160));
gambar.fillRect(0,0, lebar-10, tinggi
-10);
Font font = gambar.getFont();
gambar.setColor(Color.GREEN);
gambar.drawString(judul,60, 100);
gambar.drawString(depan+skor,60,200);
setImage(gambar);
}
Masukkan
syntax berikut pada latar :
public
void selesai()
{
addObject(new
papanskor(skor.nilaiAkhir()), 450,250);
Greenfoot.stop();
}
11.
Sekarang tinggal membuat gameover,
yakni ketika kepik menyentuh spider atau kue pie jatuh ke tanah.
Masukkan
syntax di actor kepik :
spider
spider=(spider)getOneIntersectingObject(spider.class);
if(spider !=null)
{
setImage("skull.png");
setRotation(0);
Greenfoot.playSound("buzz.wav");
getWorld().removeObject(spider);
Greenfoot.stop();
((latar) getWorld()).selesai();
}
Masukkan
syntax berikut di actor pie :
setLocation(getX(),getY()
+1); //game akan selesai ketika
pie menyentuh tanah
if (getY() == 450){
((latar) getWorld()).selesai();
Greenfoot.playSound("buzz.wav");
}
12. Yosh, sudah selesai. Agak
membingungkan memang. Baiklah selamat berkreasi .
Bay bay sampai jumpa lagi :D
Sumber : http://softwaregenerasi2.blogspot.com/2014/02/membuat-game-sederhana-dengan.html
agak membingungkan.....
BalasHapusgk bisa di compile gan
BalasHapusTerima kasih gan..meskipun awalnya agak bingung, tapi Alhamdulillah bisa jalan juga...
BalasHapus