macem macem

Jumat, 17 Oktober 2014

cara membuat kartu undangan dengan microsoft word


Tutorial Membuat Surat Undangan Terlengkap
Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word sangat bisa diunggulkan untuk membuat segala macam bentuk dokumen, termasuk membuat undangan pernikahan, acara, rapat, dan lain-lain. Selain itu, kita juga bisa membuat undangan dengan jumlah banyak di MS Word. Memang secara tampilan, Undangan yang dibuat dengan MS Word masih kalah jauh dari pada Undangan yang dibuat dengan aplikasi grafis seperti Photoshop atau corelDraw. 
Walau demikian, jika kita menggunakan Microsoft Office Word 2010 atau 2013, hal ini bisa sedikit tertutupi dengan semakin disempurnakannya fitur-fitur artistik di dalam aplikasi word ini. Mungkin ke depannya akan saya bahas tentang beberapa pengoptimalan pada versi terbaru MS Office Word.
undangan pernikahan

Membuat undangan di Microsoft Word menjadi opsi yang sangat tepat jika kita ingin menampilkan konsep yang sederhana. Selain lebih mudah (karena saya belum menguasai corel dan Photoshop), undangan versi MS Word sudah pasti lebih hemat biaya, tenaga, dan waktu.
Untuk cara membuat undangan mini ini, kita hanya perlu memanfaatkan fitur kolom word. Untuk dekorasinya, seperti gambar, frame, hiasan, dan sebagainya bisa kita cari di google, photobucket, dan masih banyak lagi. Namun di sini saya memiliki cara yang berbeda untuk membuat dekorasi undangan yang saya buat. Kali ini saya akan membuat undangan ulang tahun pernikahan. Undangan ini saya beri konsep Minimalist Exotic, yuk mari kita mulai caranya.

Membuat Undangan di MS Word

Langkah pertama, Memilih ukuran kertas

Buatlah sebuah dokumen baru dengan MS Word, lalu atur margin halaman dengan masing-masing ukuran 2 cm, orientasi kertas Landscape, dan ukuran kertas folio.

Jika di komputer anda tidak terinstal pilihan kertas Folio/F4, maka pilih saja ukuran kertas Legal. Setelah itu, ubah ukuran Height menjadi 33 cm jika orientasi kertasnya Portrait. Jika orientasi kertasnya Landscape, maka yang diubah menjadi 33 cm adalah Width.
Pada menu Page Lay Out pilih Columns, pilih two columns right agar lembar kerja menjadi dua kolom, dan kolom di sisi kanan lebih kecil dari pada kiri. Kolom di bagian kanan tersebut nanti kita isi dengan nama mempelai/yang mengundang, lokasi acara, dll. Ubah ukuran kolom bagian kanan menjadi 5 cm dengan spasi antar kolom sebesar 1,25 cm. Untuk mengubah pengaturan dan opsi kolom baca artikel Kolom MS Word berikut. Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.
pengaturan kolom undangan

Langkah kedua, Menambahkan dekorasi & objek grafis

Jika anda sudah punya stok bahan dekorasinya berupa frame, gambar/foto, langsung saja tempatkan di sisi luar kanan dan kiri lembar kerja. Seperti yang saya katakan di awal, saya mempunyai cara yang berbeda untuk memberikan dekorasi undangan tanpa gambar dari google.
Lakukan langkah ini pada lembar kerja baru. Saya akan membuat dekorasi tersebut dari huruf dengan jenis font Wingdings. Jenis font ini, sudah pasti ada di setiap aplikasi Office Word dan bentuknya unik. Berupa logo-logo yang bisa kita jadikan sebagai dekorasi undangan. Saya cukup mengetikkan huruf A-Z lalu mengubah jenis font nya menjadi Wingdings, Wingdings 2, Wingdings 3, dan Webdings.
dekorasi undangan
Lihat perubahan tampilan font pada gambar di atas. Saya hanya sekedar mengecek untuk mencari font mana yang bagus untuk diedit, lalu menuliskannya dengan fitur Word Art. Setelah berubah menjadi icon, pilihan saya jatuh pada font Wingdings 2. Lihat lagi gambar di bawah ini :

dekorasi undangan di ms word

Menambahkan Kotak Pemisah Kolom

Karena tadi kita membuatnya menjadi dua kolom, maka kita harus menambahkan objek berupa kotak untuk memisahkan kolom pertama dan kedua.
Masuk ke menu Insert dan Pilih Shapes. Akan ada banyak pilihan, namun saya memilih model Round Diagonal Rectangle. Tahan dan mulailah membuat kolomnya. Atur ukuran kolom agar pas dengan Margin Halaman dengan memerhatikan ruler yang ada di lembar kerja. Setelah selesai, silahkan pilih warna kolom pada menu Drawing Tools Shape styles. Klik kanan pada kolom tersebut dan pilih Add Text.
memilih kotak ms word
Mulailah mengetikkan isi untuk teks undangannya. Pastikan semua info jelas, kalau tidak jelas bisa-bisa tamunya pada nyasar...
Tambahkan warna pada background kotaknya, agar nampak lebih indah dipandang. Klik kanan kotak tadi, lalu pilih Format Shape. Pada dialog box yang muncul pilih Fill dan Pattern Fill. Pilih warnanya dengan memadukan opsi pada foreground color dan background color. Agar lebih jelas lihat gambar.


opsi warna background

Membuat Word Art

Di sini saya menggunakan Ms Office Word 2010. Pilihan di dalam menu Word Art mungkin agak sedikit berbeda dengan versi sebelumnya dan mungkin akan saya bahas di artikel lain.

Pada gambar tentang cara membuat dekorasi dengan huruf di atas, huruf yang terpilih adalah "B", "C"," D", "E", "F", "G", dan "H". Langkah selanjutnya, masuk ke menu Insert Word Art. Akan muncul pilihan style word art, pilih yang biasa aja.
Pertama, saya cuma mengetik huruf "B" pada kotak Word Art, lalu mengubahnya menjadi jenis font Wingdings 2. Setelah jadi, atur Picture Formatnya menjadi Behind Text. Pilihan warna saya serahkan sesuai kesukaan Anda. Saya akan mengcopy Word art tadi. Hasil copyannya akan dirotasi dulu.

merotasi word art


hasil rotasi word art
hasil rotasi dan copy word art






Kedua, memodifikasi Word Art. Word art akan kita modif dengan cara merotasi Word Art. Tahan ikon bundar berwarna hijau yang berada di atas garis pemisah. Hasilnya berbentuk seperti gambar di atas.

Untuk penempatannya di sisi luar atau di dalam garis kotak yang akan kita buat pada langkah selanjutnya. Hasil kreasi word art tadi juga bisa kita jadikan satu grup, sehingga bisa menghasilkan berbagai varian pilihan.

Langkah Ketiga, Finishing

Buatlah kotak yang sama untuk kolom kanan. Di sini saya kembali menggunakan model Round Diagonal Rectangle, akan tetapi saya rotasi agar bentuknya berbeda dengan kotak pertama. Kita cukup memasukkan dekorasi yang lain seperti langkah-langkah di atas. Tambahkan beberapa gambar atau foto atau objek grafis lainnya, bisa juga dengan memasukkan info tempat atau nama orang yang mengundang. Dan ini adalah hasil undangan yang saya buat.
undangan ms word

Selebihnya coba sendiri, dan mainkan sedikit intuisi Anda.....hehehe. Seperti biasa, saya akan menyertakan file buatan saya untuk dijadikan bahan eksperiman Anda.

Bahan-bahan membuat surat undangan dan cara mencetaknya

A. Tahap Pra Cetak Kartu Undangan

Tahap pra cetak kartu undangan adalah tahap pembuatan desain dan Film dari kartu undangan yang akan diproduksi.

1. Pembuatan desain Kartu Undangan

Tahap proses pembuatan desain umumnya memakai software CorelDraw atau Photoshop, akan lebih mempermudah pekerjaan kita bila kita mau mempelajari kedua software ini. Walaupun  bila kita tidak mengetahui kedua software ini usaha cetak kartu undangan tetap bisa berjalan, saat ini banyak tempat pembuatan desain dengan
biaya yang sangat murah atau dengan menggunakan contoh desain kartu undangan yang telah ada hingga tinggal sedikit merubahnya.

Jenis desain kartu undangan yang mesti kita buat adalah :

a. Printing desain Kartu Undangan

Printing desain Kartu Undangan adalah desain yang berupa teks, atau gambar latar (background) yang akan dicetak pada kartu undangan. Baik itu dalam pola full color maupun mono color dengan berbagai tingkat gradasi warna, dan jangan lupa juga membuat desain untuk kartu ucapan terimakasih. Printing desain Kartu Undangan ini kita simpan dalam bentuk soft copy (flash disk, CD)

b. Hot Print desain (Foil/Emboss)

Hot Print desain adalah desain yang berupa Nama Pengantin, inisial , Kata Undangan, Bissmillah, dll, yang nantinya akan dicetak dalam warna Silver atau Gold, baik yang Flat (datar) maupun yang Timbul (emboss). Desain untuk Foil/Emboss ini kita print pada kertas HVS

c. Punch desain

Punch desain adalah desain untuk membuat pisau pons atau pisau punch, untuk membentuk kartu undangan yang kita inginkan. Misalkan saja kita akan membuat  kartu undangan yang berbentuk hati, oval, atau bulat, dll. Desain ini kita print pada kertas HVS

2. Pembuatan Film, Matres Foil/Emboss, dan Pisau pons

Dari desain yang sudah kita buat (berupa isi dari teks dan gambar latar) pada printing desain, selanjutnya kita buat film  ditempat pembuatan repro film, dengan harga sekitar Rp. 20 - Rp.40/cm2.

Hot print desain yang sudah kita print pada kertas HVS, selanjutnya kita pakai untuk membuat Matres atau cetakan Foil/Emboss ditempat pembuatan matres. Dengan harga sekitar Rp. 250/cm untuk matres foil, dan Rp. 500/cm untuk matres emboss.

Pons desain yang sudah kita print pada kertas HVS, selanjutnya kita pakai untuk membuat pisau pons ditempat pembuatan pisau dengan harga sekitar Rp. 400/cm

3. Pembuatan Plat Cetak

Dari film yang kita buat di tempat repro film, selanjutnya kita buat plat alumunium ditempat pembuatan plat cetak, harganya sekitar Rp. 10.000/plat

4. Bahan Kartu Undangan

Sesudah semua perlengkapan cetak sudah kita siapkan, yaitu berupa Plat Cetak, Matres Foil/Emboss, dan Pisau Pons. Selanjutnya yang mesti kita siapkan adalah bahan baku kertas yang akan kita gunakan untuk kartu undangan tersebut, apakah akan menggunakan kertas yang sudah jadi (blanko) atau custom.

Bila kita akan menggunakan blanko kartu undangan, maka kita harus membeli blanko tersebut dengan jumlah sesuai pesanan, ditambah cadangan sekitar 10 lbr, karena pada saat pencetakan biasanya ada juga cetakan yang gagal, jadi jumlah bahan yang akan dicetak harus ditambah sekitar 10 lbr.

Bila kartu undangan yang akan kita cetak dengan desain tertentu (custom), maka kertas yang kita pakai berupa kertas polos dengan jenis kertas tertentu sesuai pesanan. Jenis kertas yang umumnya dipakai untuk kartu undangan adalah : Art Paper, Jasmine, Hawaii, Acasia, Linen, Conqoure, Melon, dll.

Ukuran kertas tersebut biasanya dijual dalam ukuran Plano (A0) yaitu 108 cm X 78 cm, kertas tsb selanjutnya kita potong dengan ukuran lebih besar 1cm dari ukuran kartu undangan yang akan kita cetak. Pemotongan kertas bisa dilakukan di toko kertas tempat kita membeli kertas tersebut. Harga kertas undangan berkisar Rp. 2500 - Rp. 3500/ lbr Plano, kecuali kertas fancy harganya diatas Rp. 10.000/lbr plano.

B. Tahap Mencetak Kartu Undangan

1. Cara Mencetak Kartu Undangan

Plat cetak dan bahan kartu undangan yang sudah kita siapkan selanjutnya kita bawa ketempat percetakan untuk dicetak dengan mesin GTO, Ryobi, atau mesin Oliver. Ongkos cetak ini sekitar Rp. 60.000/plat. Proses pencetakan memakan waktu sekitar 1 - 2 jam.

2. UV, Laminasi glossy/dop

Guna memperoleh efek glossy, kartu undangan bisa kita lapisi dengan UV atau laminasi glossy, sedangkan untuk efek dop, kartu undangan bisa kita lapisi dengan laminasi dop. Kelemahan lapis UV adalah lapisan UV akan pecah bila kartu undangan kita lipat. Ongkos UV lebih murah dibanding laminasi glossy/dop, hal ini bisa di sesuaikan sesuai pesanan.

3. Cetak Hot Print (Foil/Emboss) dan Rel

Bahan kartu undangan yang sudah selesai dicetak dan dilaminasi, selanjutnya kita bawa ketempat Foil (Foli), untuk dicetak dengan warna Silver atau Gold, baik yang flat ataupun yang timbul. Disini kita serahkan kartu undangan yang sudah dicetak beserta matres foil/emboss yang sudah kita buat sebelumnya. Ongkos cetak hot print sekitar Rp.30 - Rp.50 /matres/lbr kartu undangan.

Sesudah dicetak hot print, ditempat tersebut juga selanjutnya kartu undangan diberi garis lipat dengan menggunakan REL, fungsinya adalah untuk memudahkan dalam melipat kartu undangan. Ongkos rel sekitar Rp.50

4. Punch (pons)

Kartu undangan yang akan dilubangi atau dibentuk dengan bentuk tertentu menggunakan pisau pons, selanjutnya kita serahkan ketempat pons. Ongkos pons ini sekitar Rp. 50/lbr.

C. Finishing

Kartu Undangan yang sudah kita cetak, laminasi, hot print, dan pons, selanjutnya kita bawa ketempat potong kertas untuk dirapihkan pada bagian tepi kartu undangan. Ongkos potong kertas sekitar Rp. 5.000 - Rp. 10.000, untuk semua kartu undangan yang kita potong.

Kartu undangan yang sudah selesai kita potong selanjutnya kita lipat dan kita masukan kedalam amplop plastik OPP, harga amplop plastik ini berkisar Rp. 50 - Rp.100/lbr.

Kartu undangan yang sudah selesai selanjutnya kita serahkan kepada pelanggan beserta Kartu Ucapan Terimakasih, dan Kertas stiker .

Catatan:
  • Untuk proses pembuatan desain, Film, Plat, Matres Foil/Emboss, Pons, Percetakan, dan Toko kertas, biasanya berada dalam satu sentra bisnis.
  • Bagi anda yang berada didaerah, bisa memproduksi kartu undangan dengan sistem sablon sederhana
Harga jual kartu undangan rata-rata berkisar 2 X biaya produksi. Selamat mencoba tutorial membuat surat undangan dengan Microsoft Word. semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih 
 
pemosting: Yulia Hadiyani
sumber: http://kebal-online.blogspot.com/2014/08/tutorial-membuat-surat-undangan-terlengkap.html

2 komentar:

  1. Untuk proses pembuatan desain, Film, Plat, Matres Foil/Emboss, Pons, Percetakan, dan Toko kertas, biasanya berada dalam satu sentra bisnis

    BalasHapus