macem macem

Minggu, 28 Desember 2014

Tutorial Monitoring Jaringan Komputer Menggunakan Look@LAN

Ini seusai praktikum monitoring jaringan komputer, saya mencoba menuangkan apa saja yang saya alami saat praktikum. Pada kali ini saya akan menulis tentang tutorial monitoring jaringan komputer menggunakan Look@LAN.  Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu apa itu LOOK@LAN. Look@LAN merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk melihat komputer (host) pada suatu jaringan komputer lokal atau sering disebut dengan local area network (LAN).

Look@LAN menyediakan beberapa fasilitas untuk melihat IP Address, status, distance, operating system yang digunakan, hostname, netBIOS name, netBIOS user, SNMP status dan Trap. Informasi host yang sedang online/offline, operating system yang digunakan, NetBIOS dan SNMP yang ditampilkan dalam bentuk grafik. 

Sebelum menjalankan program monitoring jaringan ini diperlukan proses instal terlebih dahulu. Nah, berikut ini saya akan sedikit mengulik cara mengistal Look@LAN pada komputer. Pada dasarnya penginsalan program ini sangatlah mudah tinggal kita mengistal menurut petunjuk. 



kemudian pilih masteran dari program LOOK@LAN. Dan
setelah itu dapat dilakukan dengan proses dibawah ini. 

pada name dan company dapat di isi sesuai keperluan.






nah setelah semua proses telah di jalankan maka kita sudah dapat manjalankan program LOOK@LAN.
Langsung saja open program LOOK@LAN tapi tolong di ingat bahwa menjalankan program ini laptop atau komputer terhubung dengan sebuah koneksi internet..
Dan setelah di jalankan akan muncul beberapa menu pilihan yang disediakan yaitu Create New Profile, Open Profile, Open Last Profile (New Profile) Quick Host Scan dan Exit. Seperti gambar dibawah ini.

Untuk membuat profile baru, maka klik pada button Create New Profile, Dan selanjutnya akan muncul tampilan berikut ini.
Dan dapat dilihat bahwa ada beberapa kolom yang perlu dilengkapi sesuai dengan keperluan setting yang di gunakan.Untuk mengisi range IP address yang diinginkan dengan cara mengisikan pada frame manual setting.
Setelah itu baru akan muncul tampilan yang akan memuat berbagai menu utama di program monitoring jaringan ini. Seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini.
Proses monitoring akan berlangsung selama 100%. Jadi harap bersabar sampai proses monitoring berlangsung.
nah berikut ini tampilan bahwa proses monitoring telah mencapai 100%.

  Proses scanning 100% dan kita dapat mengetahui user-user yang terhubung dalam jaringan yang kita pakai. Dan selain tampilan ini,  kita dapat  melihat secara detail pada setiap host, maka klik dua kali pada salah satu baris host atau IP Address yang dimaksud, sehingga akan menampilkan informasi tentang sistem operasi yang digunakan, round trip time, SNMP System, HostName, NetBios, TraceRoute, Active Services dan Graphical Ping. Seperti di tampilakan gambar di bawah ini.

Untuk menampilkan grafik secara keseluruhan pada seluruh host yang discan oleh Look@LAN ini, maka
dapat dilakukan dengan mengklik button Show Graphs.
pada gambar grafik ada empat grafik yang ditampilkan oleh Look@LAN, yaitu host yang sedang online/offline, sistem operasi yang digunakan, NetBIOS dan SNMP.

Selanjutnya kita dapat melakukan proses scanning ulang, yaitu dengan melakukan perubahan pada tampilan menu statistic for. Jika anda mengeklik menu itu maka ada pilihan, yaitu all network scan ranges dan satu scan range  (contoh 10.10.0.0-10.10.255.255). Seperti tampilan di bawah ini.

 Untuk menguji koneksi terhadap user-user yang masih satu jaringan terhadap kita, kita dapat melakukan proses ping. Apabila Repply maka memang benar kita terkoneksi dalam 1 jaringan. Apabila RTO maka kita tidak terhubung. atau bisa dikatakan diluar network.
Dan setelah cek koneksi, maka jangan lupa untuk mengesave profile yang tadi kita buat.






Catatan Dan sedikit Analisa Saat Pratikum:
1. Saat melakukan monitoring jaringan di usahakan laptop atau komputer terhubung dengan jaringan internet yang akan di lakukan proses monitoring jaringan.
2. Lakukan proses penyecekan terhadap firewall dan antivirus yang melakukan proteksi jaringan pada tiap komputer atau laptop, biasanya hal sepele ini berpengaruh terhadap proses scanning LOOK@LAN.


Demikian yang dapat saya tulis pada kali ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan beberapa hal yang kurang berkenang di hati para pembaca. Terima Kasih atas perhatiannya. Dan selamat berkarya :)

post by : Fahmi Nur Ali
sumber : http://omshedy.blogspot.com/2012/09/tutorial-monitoring-jaringan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar